Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Laporan Pengluaran dan Pemasukan Secara Otomatis di Excel

Pada artikel kali ini Admin akan membahas sebuah tutorial yaitu cara membuat laporan pengluaran dan pemasukan secara otomatis di Microsoft Excel.

Laporan dan pengluaran merupakan bagian penting dalam mengatur dan mengontrol keuangan suatu organisasi, perusahaan, lembaga ataupun penglolaan keuangan pribadi.

Menglola laporan pengluaran dan pemasukan merupakan salah satu cara untuk mengetahui kemana saja uang mengalir, dengan begitu kita bisa menglola keuangan secara efisien.

Sebelum kita ke tutorial cara membuat laporan pengluaran dan pemasukan, mari kita cari tau pengertian dari kedua kata tersebut.

Laporan Pengluaran adalah dokumen yang memuat rincian pengluaran atau biaya yang telah dikeluarkan oleh suatu entitas selama periode tertentu.

Sedangkan Laporan Pemasukan adalah dokument yang memuat rincian pendapatan atau pemasukan yang diterima oleh suatu entitas selama periode waktu tertentu.

Kedua laporan ini biasanya dibuat secara berkala seperti bulanan, triwulan atau tahunan tergantung kebutuhan dan kebijakan suatu entitas.

Laporan ini sangat penting karena bisa memberikan gambaran tentang kinerja suatu entitas dibidang penglolaan keuangan dalam periode waktu tertentu.

Berikut ini adalah langkah cara untuk membuat laporan Pengluaran dan Pemasukan secara otomatis dengan menggunakan Microsoft Excel :

Buatlah Tabel seperti dibawah ini :


Setelah kita membuat tabel seperti diatas Langkah selanjutnya adalah kita akan mengisi kolom Saldo Akhir sebagai berikut :

Ketik rumus berikut di kolom E7 , =C7-D7

Kemudian untuk membuat Saldo Akhir secara otomatis ketika ada pemasukan (Debet) atau pengluaran (Kredit) rumusnya adalah:

=IF(AND(C8="";D8="");"";E7+C8-D8) kemudian copy rumus tersebut ke cell bagian bawahnya sampai E21.

Mencari Total Debet dan Total Kredit pada kolom C22 dan kolom D22

Total Debet =SUM(C7:C21)

Total Kredit =SUM(D7:D21)

Mencari Saldo Akhir :

Saldo akhir kolom E22, =C22-D22

Saldo akhir kolom E5, =LOOKUP(2;1/(E:E<>"");E:E)

Jika semua rumus sudah diisi dengan benar silahkan coba isi Debet atau Kreditnya, kira-kira hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini sesuai dengan angka Kredit dan Debit yang Anda masukan :


Demikianlah tutorial Cara Membuat Laporan Pengluaran dan Pemasukan Secara Otomatis di Excel.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua,Amin.

Selamat mencoba semoga berhasil

Post a Comment for "Cara Membuat Laporan Pengluaran dan Pemasukan Secara Otomatis di Excel"