Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus Fungsi SECOND di Excel

Fungsi SECOND dapat digunakan untuk mengambil nilai detik dari sebuah rentang nilai waktu (Jam) yang mempunyai format Time, String atau Numerik. Fungsi yang dihasilkan mempunyai nilai 0 sampai dengan 59.

Fungsi SECOND cara penggunaannya mirip dengan fungsi MINUTE yang kita sudah bahas dalam artikel sebulumnya. Perbedaan diantara keduanya adalah MINUTE menghasilkan nilai dari Menit sedangakan SECOND akan menghasilkan Nilai dari Detik, masing-masing mempunyai nilai interval yang sama yaitu 0 sampai dengan 59 yang merupakan bilangan integer.

Fungsi SECOND termasuk kedalam kelompok Tanggal dan Waktu di Microsoft Excel.

Berikut dibawah ini adalah syntax dasar dari rumus Fungsi SECOND :

=SECOND(serial_number)

serial_number, merupakan nilai yang berisi waktu dengan susunan Jam, Menit dan Detik yang akan ditentukan

Untuk lebih jelasnya tentang cara menggunakan rumus Fungsi SECOND perhatikan pada Gambar tabel dibawah ini :


Fungsi SECOND

Berdasarkan gambar tabel diatas pada baris A4 dan A5 jika diberi rumus =SECOND maka akan menghasilkan angka 24 dan 25 karena kedua angka tersebut berada pada posisi hitungan detik.

Kemudian pada baris A6 terdapat angka 41640,78 ini merupakan nomor seri yang menghasilkan nilai deretan jam yang apabila di beri format Time yang hasilnya adalah 18:43:12

=SECOND(A4)
=SECOND(A5)
=SECOND(A6)

Selain menggunakan rumus seperti diatas Anda juga bisa langsung memasukan deretan waktu kedalam rumusnya langsung seperti contoh dibawah ini :

=SECOND("23:22:24")

Dengan cara diatas akan menghasilkan bilangan yang sama pada A4 yaitu 24.

Demikianlah pembahasan kita pada hari ini tentang Cara Menggunakan Rumus Fungsi SECOND di Excel, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.Amin.

Selamat mencoba semoga berhasil

Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus Fungsi SECOND di Excel"