Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan Rumus CEILING di Excel Untuk Pembulatan Angka Dengan Kelipatan Tertentu

Rumus CEILING – Rumus CEILING ini termsuk kedalam kategori fungsi rumus matematika dan Trigonometri yang fungsinya hamper mirip dengan fungsi pembulatan angka seperti rumus ROUND, ROUNDUP, RPUNDDOWN dan lain-lainnya yang saya sudah bahas dalam blog ini.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas  tentang rumus CEILING dan perbedaannya dengan rumu-rumus pembulatan angka lainnya seperti ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN dan lainnya yang saya sudah jelaskan satu peratu fungsi dan kegunaannya.

Sekarang apa perbedaannya  rumus CEILING dengan ketiga rumus diatas yang saya sudah sebutkan.Untuk itu mari simak sama-sama tentang fungsi CEILING untuk pembulatan angka  keatas sesuai dengan kelipatan yang dimasukan kedalam argument dari rumus CEILING.

A. Pembulatan Angka dengan Rumus CEILING

Lalu menggunakan rumus apakah kalau pembulatan dilakukan dilakukan secara keatas tentu jawabannya bukan dengan rumus CEILING tapi dengan MROUND. Untuk penggunaan rumus MROUND nanti saya akan buatkan artikelnya di lain kesempatan. Kali saya akan membahas rumus CEILING saja.

Sebelum menggunakan rumus CEILING ada baiknya kita tau dulu seperti apa syntax dasar dari rumus CEILING, berikut adalah syntax dasarnya :


= CEILING(number;significance)


Dimana :

number adalah angka atau bilangan yang akan dibulatkan

significance adalah kelipatan yang akan digunakan untuk pembulatan

Perbedaan yang paling mendasar pada rumus CEILING dengan rumus-rumus lainya adalah adanya kelipatan tertentu.

Sebelum kita memperaktekan rumus  CEILING disini saya akan menjelaskan dulu perbedaan masing-masing antara ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN:

Rumus ROUND, digunakan untuk membulatkan angka ke atas atau kebawah

Rumus ROUNDUP, digunakan untuk pembulatan angka keatas saja, sedangkan,

Rumus ROUNDDOWN, digunkan untuk pembulatan kebawah saja

Kalau dilhat dari fungsi diatas rumus CEILING ini mirip dengn rumus ROUNDUP yaitu pembulatan ketas, cuma perbedaanya terletak pada kelipatan tertentu sedangkan ROUNDUP  telah ditentukan posisinya yang akan dibulatkan.

Untuk lebih jelasnya tentang rumus CEILING perhatikanpada gambar dibawah ini :


Rumus CEILING

B. Pembulatan Angka Desimal Menggunakan Rumus CEILING

Lalu bagaimana jika jika pembulatan angka desimal menggunakan rumus CEILING. Perhatikan pada tabel diatas pada baris ke-6 dan baris ke-7. Angka kelipatan yng dimasukan untuk pembulatan angka harus dibawah 0.

Dari kedua pembahasan rumus diatas kita dapat menyimpulkan bahwa masing-masing rumus memiliki perbedaan tersendiri.Sekarang tergantung bagaimana kita untuk menggunakannya sesuai kebutuhan pengolahan data anda.

Demikianlah saya kira sekilas pembahasan tentang Rumus CEILING di Excel Untuk Pembulatan Angka Dengan Kelipatan.Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.


Post a Comment for "Menggunakan Rumus CEILING di Excel Untuk Pembulatan Angka Dengan Kelipatan Tertentu"