Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMIFS di Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMIFS di Microsoft Excel - Kemaren kita sudah membahas dan menjelaskan secara rinci bagaimana cara menggunakan Fungsi Rumus SUMIF. Memang nama fungsi tersebut sekilas mirip dengan fungsi SUMIFS yang kita akan bahas kali ini. Dengan kemiripan nama tersebut tentu saja akan menghasilkan angka yang mirip antara kedua fungsi ini.

Fungsi SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data numerik angka atau bilangan pada suatu range sesuai dengan beberapa kreteria yang telah ditetapkan, bedanya dengan fungsi SUMIF hanya menerapkan satu kreteria.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMIFS di Microsoft Excel yang meliputi syntax, argumen serta contoh penggunaan di MS Excel.

Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMIFS

Inti dari rumus fungsi ini adalah memahami syntax dan argumen yang ada pada fungsi ini.

Dalam Fungsi Rumus SUMIFS terdapat 4 argumen yang harus kita ketahui yaitu Sum_range, Creteria_range1, Creteria1, Creteria_range2 dan creteria2. Untuk creteria range dan creteria, ini bisa lebih dari dua silahkan gunakan sesuai kebutuhan anda.

Syntax Dasar Fungsi SUMIFS

Untuk memahami lebih dalam lagi mari kita bahas Bersama satu per satu


=SUMIFS(sum_range;creteria_range1;creteria1;[creteria_range2;creteria2];…)


Sum_Range, merupakan rentang kecil atau deretan angka yang akan dijumlahkan dengan kreteria yang telah ditentukan

Creteria_Range1, merupakan rentang atau kolom yang berisi syarat pertama untuk menjumlahkan angka pada Sum_Range

Creteria1, merupakan kreteria pertama yang diambil dari kolom atau range creteria_range1, sedangkan

Tanda (…); merupakan tanda bahwa creteria dan creteria_range masih bisa ditambahkan sampai dengan seterusnya.

Contoh Penggunaan Fungsi SUMIFS

Setelah kita memahami syntax dan argumen yang ada dalam fungsi ini, mari kita terapkan dalam sebuah bentuk tabel dalam MS Excel.


Tabel dengan Fungsi rumus SUMIFS


Dalam tabel diatas  hampir sama dengan yang kita bahas kemaren tantang Fungsi SUMIF hal ini untuk mempermudah memahami perbedaan antar SUMIF dan SUMIFS

Dalam tabel kemaren pada Fungsi SUMIF hanya ada satu kreteria penjumlahan yaitu kolom type Barang. sedangkan dalam contoh SUMIFS ini ada 2 kreteria selain Type Barang yaitu adanya Salesman.

Dari data diatas yang harus dijumlahkan adalah Harga Jumlah Penjualan barang masing masing Type dan dipisahkan berdasarkan salesman.

Untuk lebih memahami lagi tentang fungsi ini coba pelajari kembali tentang Fungsi SUMIF yang saya sudah jelaskan dalam artikel yang kamaren tentang Fungsi SUMIF

Rumus untuk tabel diatas :


Kolom D13, =SUMIFS($G$5:$G$9,$C$5:$C$9,B13,$D$5:$D$9,C13) copy-paste sampai D15


Dalam tabel diatas sum_range berada pada kolom G tabel1.Untuk Creteria_range ada di tabel 1 kolom C sedangkan creteria1 ada di tabel 2 kolom B. Untuk Creteria_range2 ada dalam tabel 1 kolon D sedangkan Creteria2 berada di tabel 2 kolom C.

Lagi lagi mengenai tanda ($) saya sudah jelaskan fungsinya dalam artikel kemaren di fungsi SUMIF yaitu berfungsi untuk mengunci sel agar tidak berubah saat di copy-paste ke sel sel bagian bawahnya.

Pembacaan hasil pada tabel diatas :

Jumlah penjualan dengan nama Sales ANTO yang bertipe barang Gadget jumlah penjualanya adalah 9,500,000; sedangkan untuk Sales Dewa dengan Tipe Acecoris 550,000, sedangkan sisanya Acecoris dengan sales Anto berjumlah 800.000

Demikianlah penjelasan saya tentang Fungsi Rumus SUMIFS dan cara menggunakannnya di MS Excel semoga dengan adanya artikel dapat menambah wawasan kita di dunia Excel

 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMIFS di Microsoft Excel"