Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM di Microsoft Excel

Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM di Microsoft Excel

Fungsi Rumus SUM – Merupakan sebuah fungsi dari Excel yang bisa digunakan untuk menjumlahkan data yang berada di kolom atau range MS Excel. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi matematika atau Trigonometri. Bagi Anda yang ingin menguasai excel setidaknya harus menguasai fungsi ini.

Fungsi SUM juga bisa digunakan pada array atau fungsi lain pada Microsoft Excel, misalnya fungsi VLOOKUP.

Cara Menggunakan Rumus SUM

Sebelum Anda memperaktekan fungsi ini mari kita pahami dulu Syntax dasar dari fungsi SUM, sehingga nantinya akan dapat mudah memahami penerapan pada sebuah kondisi pada fungsi excel tersebut.

Syntax dasar dari fungsi SUM adalah sebagai berikut :

=SUM(Number1;Number2;….)

Keterangan Syntax :

Number1,merupakan angka pertama yang akan di jumlahkan pada sebuah deretan data yang berada di range atau sel bisa berupa angka, nilai logika atau teks

Number2, merupakan angka lain yang akan dijumlahkan (ini bersipat opsional).

Fungsi ini bisa digunakan pada deretan angka vertical atau horizontal sesuai kondisi dan kebutuhan. Jika ada sel yang kosong dengan menggunakan fungsi ini maka sel kosong akan di abaikan.


Contoh Menggunakan Rumus Fungsi SUM

Untuk menggunakan rumus ini ada 2 tipe, yaitu pada Baris atau Kolom yang sama dan pada Kolom dan Baris yang berbeda.

1. Menggunakan Rumus SUM pada Baris atau kolom yang sama

Disini saya membuat contoh sebuah deretan angka pada sheet dengan kolom dan baris yang sama. Jika Anda memiliki data seperti ini maka yang diperlukan satu fungsi saja yaitu untuk mencari Totalnya,Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.


 Rumus SUM Baris dan Kolom yang sama

Kalua kita lihat pada gambar diatas terdapat deretan angka 20, 25, 30 dan 35 inilah yang dinamakan sebuah deretan angka yang sama pada satu kolom atau baris, yang nantinya kita pakai dengan rumus SUM dan angkanya menghasikan 110 (lihat Gambar diatas)

Untuk menjumlahkan deretan angka tersebut rumusnya dapat Anda lihat di pojok kanan atas yang bertuliskan :

=SUM(A1:A4)

Keterangan Rumus diatas :

A1, merupakan range angka awal sedangkan,

A4,  merupakan range deretan terakhir

Kesimpulannya fungsi ini merupakan penjumlahan dari deretan awal sampai deretan akhir atau bisa juga menggunakan rumus seperti ini :

=SUM(A1;A2;A3;A4)

Jika dibandingkan dengan kedua rumus tersebut maka hasilnya akan sama yaitu 110.


2. Menggunakan Rumus Fungsi SUM yang berbeda baris dan kolom

Untuk yang contoh yang kedua ini saya menggunakan deretan angka yang lebih dari satu kolom atau baris. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


Rumus SUM beda Baris dan Kolom


Pada gambar diatas terdapat deretan angka yaitu deretan pertama diawali A1 sampai A4  dan deretan kedua B1 sampai B4 atau kalau kita tulis dalam rumus adalah sebagai berikut :


=SUM(A1:A4,B1:B4)

            Atau

=SUM(A1:B4)


Nah seperti itulah kira kira perbedaan rumus yang pertama dan kedua dimana tanda (,) sebagai pembatas antara kedua rumus tersebut.

Untuk tanda pemisah tergantung MS Excel Anda, ada yang menggunakan pemisah (,) ada juga (;) jadi sesuaikan saja

Itulah fungsi Rumus SUM yang bisa Anda gunakan untuk menjumlahkan data pada deretan angka di Excel, silahkan Anda pilih dan gunakan yang kamu anggap mudah.

Demikian artikel dari saya tentang Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM di Microsoft Excel kalau ada yang di anggap salah atau tidak silakan tinggalkan dalam komentar,semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua      


Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM di Microsoft Excel"