Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Rumus TODAY Untuk Membuat Tanggal Hari Ini Yang Dinamis

Pada artikel kali  ini kita akan membahas sebuah fungsi rumus TODAY untuk menampilkan tanggal hari ini dari sistem internal pada komputer atau Laptop Anda.

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang rumus fungsi NOW dimana fungsi NOW dan TODAY mempunyai fungsi yang hampir mirip.

Kalau fungsi NOW menghasilkan tanggal dan jam sedangkan TODAY hanya menghasilkan tanggal saja.

Tanggal yang muncul yang dihasilkan rumus TODAY adalah tanggal saat ini ketika anda memasukan fungsi tersebut.

Tanggal yang muncul dari rumus ini  akan selalu update ketika file excel dibuka kembali pada tanggal berikutnya dimana file tersebut mengandung fungsi TODAY. Inilah yang disebut tanggal hari ini yang dinamis

Rumus TODAY ini termasuk kedalam kelompok tanggal dan waktu, dimana rumus ini bersifat independent syntax yang artinya rumus ini tidak memiliki argumen sama dengan rumus fungsi NOW.

Berikut adalah syntax dasar dari rumus fungsi TODAY :

=TODAY()

Untuk lebih jelasnya bagaimana menggunakan rumus TODAY perhatikan gambar tabel dibawah ini :



Berdasarkan tabel diatas pada kolom B4 rumus yang dimasukan adalah rumus standar TODAY yang mengghasilkan tanggal hari ini sedangkan pada kolom B5 rumus TODAY ditambahkan 1 hari berikutnya dan pada kolom selanjutnya yaitu kolom D6 rumus TODAY dikurang dari tanggal hari ini atau sebelum tanggal TODAY

Sebenarnya untuk menampilkan tanggal hari ini pada sebuah cell bukan menggunakan fungsi TODAY saja bisa juga menggunakan tombol pintas dengan menekan tombol pada keyboard yaitu CTRL+; sebagai alternatifnnya.

Namun untuk menampilkan tanggal hari ini dengan menggunakan CTRL+; tidak bisa di update ketika Anda membuka file tersebut di kemudian hari yang artinya tanggal hari ini tidak dinamis.

Jadi silahkan pilih cara yang paling cook bagi tujuan anda yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Demikianlah pembahasan kita pada hari ini tentang Fungsi Rumus TODAY Untuk Membuat Tanggal Hari Ini Yang Dinamis.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, Amin.

Selamat mencoba semoga berhasil

Post a Comment for "Fungsi Rumus TODAY Untuk Membuat Tanggal Hari Ini Yang Dinamis"