Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjumlahkan Antar Sheet Dari Satu Sheet ke Sheet Lainnya di Excel

Pada postingan kali ini Saya akan membahas sebuah perhitungan matematika dengan menggunakan rumus excel. 

Kalau biasanya kita menjumlahkan sebuah angka menggunakan rumus dalam satu sheet, tetapi kali ini kita akan membahas perhitungan matematika dengan menggunakan rumus antar sheet, dari sheet satu ke sheet yang lain.

Penjumlahan seperti ini biasanya dilakukan karena adanya pembagian data dalam beberapa sheet, tentu hal ini akan berpengaruh dalam penjumlahan dengan menggunakan rumus.

Begitu juga proses penulisan rumusnya dengan posisi angka yang berbeda sheet maka penulisan rumusnya pun berbeda dibanding dengan cara penulisan rumus pada sheet yang sama

Sebenarnya excel sendiri sudah memiliki pengaturan sendiri untuk menjumlahkan antar sheet, misalnya dengan menggunakan Define Name atau Nama Range dimana kita cukup memanggil nama rangenya saja maka otomatis excel akan menjumlahkannya.

Untuk itu dalam postingan kali Saya akan mencoba menjumlahkan angka antar sheet, dari satu sheet yang satu ke sheet yang lain.

Dalam kasus ini saya akan menjumlahkan angka 125 yang berada di Sheet1 dengan angka 250 yang berada di Sheet2 dan hasilnya akan di tempatkan di Sheet3. Perhatikan pada gambar dibawah ini :

Sheet1

Sheet2

Sheet3



Berdasarkan ketiga gambar diatas maka rumus yang akan di ketikan di Sheet3 adalah sebagai berikut :

=Sheet1!A2+Sheet2!A2

Untuk rumus diatas adalah cara pertama dimana kita ketik secara manual, tentu dengan cara ini akan merepotkan kita dan rentan kesalahan.

Sedangkan untuk cara kedua, rumus akan terbentuk otomatis tanpa kita mengetiknya, caranya adalah :

  1. Buka Sheet3 dan ketik "=" pada Cell A2
  2. Klik Sheet1 kemudian klik Cell A2
  3. Kemudian tekan tanda "+"
  4. Klik Sheet2 kemudian klik Cell A2
  5. Tekan Enter dan hasilnya berada di Sheet3 Cell A2

Cara kedua lebih mudah karena kita tinggal ngeklik saja tanpa mengetik, tapi kita harus hati-hati jangan sampai salah klik, justru adalah Cell yang salah.

Demikian pembahasan kita tentang cara menjumlahkan antar sheet di excel. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua,Amin.

Selamat mecoba semoga berhasil.

Post a Comment for "Cara Menjumlahkan Antar Sheet Dari Satu Sheet ke Sheet Lainnya di Excel"