Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus Fungsi NETWORKDAYS di Excel

Pada pertemuan kali ini pembahasan kita adalah Fungsi NETWORKDAYS dan masih termasuk kedalam kelompok Tanggal dan Waktu.

Apa itu Fungsi dari  NETWORKDAYS, Fungsi ini berfungsi untuk mencari jumlah hari kerja di antara dua tanggal yaitu tanggal awal dan tanggal akhir. Hari kerja yang dihitung dengan fungsi ini tidak termasuk hari sabtu dan minggu.

Biasanya fungsi ini gunakan untuk menghitungan tunjangan karyawan yang didasarkan hari kerja.

Fungsi NETWORKDAYS, hampir mirip dengan fungsi DATEDIF dimana hasilnya adalah sebua bilangan integer namun dalam NETWORKDAYS ada jumlah tertentu apabila ingin mengurangi dari jumlah hari

Berikut dibawah ini adalah sintax dasar dari Fungsi NETWORKDAYS :

=NETWORKDAYS(star_date;end_date;[holiday])

star_date, diisi dengan tanggal awal yang akan di hitung jumlah hari kerjanya

end_date; ini merupakan tanggal akhir yang akan dihitung total hari kerjanya

holiday; ini merupakan opsional boleh diisi boleh tidak, ini merupakan tanggal yang akan dikurangi dengan hari libur, cuti, tanggal merah atau tanggal tertentu apabila dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya tentang pemahaman Fungsi NETWORKDAYS perhatikan contoh gambar tabel dibawah ini:

Contoh 1:


Pada contoh 1 diatas kita mencari jumlah hari kerja dengan tidak memperhitungkan tanggal merah, hanya memperhitungkan Sabtu dan Minggu, jadi tanggal merah diabaikan.

Rumus Gambar Tabel diatas :

=NETWORKDAYS(A3,B3)


Contoh 2

Lalu bagaimana jika tanggal merah ikut di perhitungkan,coba perhatikan pada tabel dibawah ini :


Berdasarkan tabel diatas karena bulan Agustus ada tanggal merah sebnayak 1 yaitu tanggal 17 oleh karena itu di perhitungan maka rumusnya :

=NETWORKDAYS(A3,B3,F3)

Seandainya tanggal merahnya lebih dari 2 pada bulan Agustus maka cukup Sorot cell F3 samapai F5 tergantung jumlah banyaknya tanggal merah, maka rumusnya menjadi:

=NETWORKDAYS(A3,B3,F3:F5)

Jadi kesimpulan rumus ini adalah menghitung total jumlah hari kerja yang dikurangi sabtu dan minggu selama periode tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Menggunakan Rumus Fungsi NETWORKDAYS di Excel, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua,Amin.

Selamat mencoba semoga berhasil

Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus Fungsi NETWORKDAYS di Excel"