Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi EOMONTH di Excel

EOMONTH merupakan salah satu fungsi di excel yang merupakan bagian dari fungsi tanggal dan waktu. Fungsi ini digunakan untuk mencari tanggal akhir bulan berdasarkan tanggal waktu (star_date) yang telah ditetapkan dengan interval waktu satuan bulan kedepan atau kebelakang.

Fungsi EOMONTH juga bisa digunakan untuk mencari tanggal jatuh tempo yang jatuh pada hari terakhir bulan tersebut.

Fungsi EOMONTH juga hampir mirip dengan fungsi EDATE, dimana fungsi EDATE ini menghasilkan tanggal yang ada pada akhir bulan.

Fungsi utama dari EOMONTH adalah mengembalikan sebuah angka atau nomor seri yang berbentuk tanggal terakhir di bulan tersebut.

Penulisan rumus fungsi EOMONTH :

=EOMONTH(star_date;month)

Keterangan :

star_date tanggal yang mewakili tanggal mulai dan tanggal harus dimasuki fungsi DATE, misal DATE(2023,8,6) untuk hasil tanggal 6 Agustus 2023

month jumlah bulan sebelum atau sesudah star_date, jika disi dengan nilai positif akan di hitung maju sedangkan untuk nilai negatif akan di hitung mundur.

Misalkan masukan tanggal 6/08/2023 pada A4 dengan interval 1 pada kolom B4 denggan rumus kolom C4 =EOMONTH(A4,B4) maka akan menghasilkan nilai 45199 berilah angka tersebut dengan format tanggal yaitu date caranya klik kanan angka 45199 pilih Format Cell pilih Date tentukan format yang diinginkan.

Misalkan masukan tanggal 17/08/2023 pada A5 dengan interval -12 pada kolom B5 denggan rumus kolom C4 =EOMONTH(A5,B5) maka akan menghasilkan nilai 44804 berilah angka tersebut dengan format tanggal yaitu date caranya klik kanan angka 44804 pilih Format Cell pilih Date tentukan format yang diinginkan.Perhatikan hasil tabel dibawah ini :




Keterangan:

Jika interval diisi dengan angka positif maka perhitungan di hitung maju dan sebalik jika diberi angka negatif akan di hitung mundur.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara Menggunakan Fungsi EOMONTH di Excel, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua,Amin.

Selamat mencoba semoga berhasil

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi EOMONTH di Excel"