Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Harga Kredit Barang Dengan Rumus Excel

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat daftar harga kredit barang dengan menggunakan rumus excel.

Dalam kasus contoh ini saya akan membahas daftar harga kredit barang berupa kredit kulkas.

Biasanya pada saat kita mengambil kredit berupa kulkas kita akan di perlihatkan oleh sales berupa daftar harga cicilan dengan harga yang bervariasi yang waktunya di bagi beberapa bagian.

Tentu saja dengan jangka waktu yang berbeda maka bunganyapun akan berbeda-beda.Seamakin lama jangka waktunya maka akan semakin kecil angsurannya.

Untuk lebih jelasnya tentang pembahasan daftar harga kredit barang ,silahkan perahtikan gambar dibawah ini :



Pada gambar diatas ada beberapa macam merek kulkas dengan harga yang berbeda-beda, dimana dalam setiap merek kulkas akan dikenakan DP 20%.

Berikut dibawah ini adalah rumus untuk mencari uang muka atau DP 20%

=B4*20/100

Selanjutnya setelah harga di potong dengan uang muka (DP) 20% kita mencari harga angsuran perbulannya untuk periode 3 bulan dimana dalam periode 3 bulan ini akan akan dikenakan bunga sebesar 5% per bulannya. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :

=ROUND((((B4-C4)*(3*5%))+(B4-C4)/3);-2)

Selanjutnya kita akan menghitung angsuran untuk jangka waktu 5 bulan dengan besarnya bunga sebesar 4%, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :

=ROUND((((B4-C4)*(5*4%))+(B4-C4)/5);-2)

Selanjutnya untuk cicilan yang terkhir yaitu dengan jangka waktu 10 bulan dengan bunga per bulannya adalah 2% dan rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :

=ROUND((((B6-C6)*(10*2%))+(B6-C6)/10);-2)

Demikianlah pembahasan kita hari mengenai Cara Membuat Daftar Harga Kredit Barang Dengan Rumus Excel.Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua,Amin.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Post a Comment for "Cara Membuat Daftar Harga Kredit Barang Dengan Rumus Excel"