Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Cara Menggunakan Rumus ROUNDUP di Microsoft Excel

Rumus ROUNDUP – Dalam artike kali ini masih membahas sebuah kelompok fungsi matematika dan trigonometri yaitu rumus Excel ROUNDUP.

Dalam artikel yang kemarin saya sudah membahas sebuah fungsi yang berhubungan erat dengan rumus ROUNDUP yaitu ROUND. Kedua rumus ini memang dikatakan mirip yang juga memiliki fungsi yang sama, yaitu membulatkan angka.

Pada rumus ROUNDUP ini berfungsi membulatkan angka ke atas baik desimal maupun bukan decimal.Sedangkan rumus ROUND berfungsi membulatkan angka ke atas dan kebawah.

Seperti yang kita keahui bahwa batasan untuk pembulatkan angka adalah 5, jika lebih dari 5 pembulatan dilakukan keatas dan begitupun sebaliknya jika kurang dari 5 pembulatan dilakukan kebawah.

Fungsi ini biasanya digunakan untuk menghitung nilai siswa, cicilan hutang, bunga Bank dan lain-lain. Bagi anda yang seorang Administrator perlu mengetahui sedikit banyak tentang rumus pembulatan angka selain dari rumus ROUNDUP, yaitu RUOND, ROUNDDOWN yang mempunyai fungsi yang sama.Sekarang tergantung Anda mau menggunakan rumus yang mana

Fungsi dan Cara Menggunakan Rumus ROUNDUP di Excel

Rumus ROUNDUP hanya membulatkan keatas walaupun angka terakhir dari yang akan dibulatkan dibawah 5.

Syntax dasar ari rumus ROUNDUP adalah sebagai berikut:


= ROUNDUP(number;num_digits)


Keterangan :

number, angka atau cell yang berisi angka yang aka diulatkan

num_digits, jumlah angkayang akan dibulatkan baik angka positif maupun angka negative


Jika diisi dengan angka positif maka akan dibulatkan angka desimalnya dan jika diisi angka negatif maka akan dibulatkan angka disebelah kiri koma.

Selain rumus ROUNDUP sebenarnya masih banyak rumus rumus yang membulatkan angka yang berada di excel diantaranya ROUNDDOWN, CEILING, FIXED dan lain-lain.

Untuk penggunaanya rumus ROUNDUP perhatikan contoh dibawah ini :


Rumus ROUNDUP

Seperti yang terlihat pada gambar diatas dengan memberi nilai negatif empat (-4) pada num_digits maka fungsi ini bisa juga membulatkan angka pada kelipatan 1000 atau puluhan terdekat kelipatan tertentu.

Ada juga rumus yang berkaitan dengan rumus ROUNDUP yaitu ROUNDDOWN  yang saya sudah bahas artikelnya kemarin.

Itulah sekilas pembahasn kita mengenai Fungsi dan Cara Menggunakan Rumus ROUNDUP di Microsoft Excel. Semoga dengan adanya artikel bisa membantu dalam mengatasi masalah pembulatan angka yang ada di Excel dan bermanfaat buat saya sendiri ataupun semua pembaca.


Post a Comment for " Fungsi dan Cara Menggunakan Rumus ROUNDUP di Microsoft Excel"