Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMPRODUCT dalam Sebuah Deretan Angka di Excel

Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMPRODUCT di Sebuah Deretan Angka di Excel

Rumus SUMPRODUCT – Rumus SUMPRODUCT yang ada di Excel merupakan salah satu kelompok dari pada Fungsi Matematika. Dimana dalam fungsi ini mayoritas merupakan  rumus yang menjalankan fungsi penjumlahan, perkalian dan pembagian yang berhubungan dengan matematika.

Dalam artikel yang kemarin kita sudah membahas beberapa fungsi matematika yang lain yaitu diantaranya SUM, SUMIF dan SUMIFS.

Dengan penjelasan tersebut diatas dapat kita simpulkan bahwa rumus SUMPRODUCT kali inipun tidak jauh berhubungan dengan seputar penjumlahan dan perkalian antar sel maupun array.

Adapun cara menggunakan Rumus SUMPRODUCT dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut :

Cara Menggunakan Rumus SUMPRODUCT di Microsoft Excel

Penjumlahan, perkalian dan pembagin merupakan aktivitas yang paling sering kita lakukan dalam mengoperasikan data Excel. Rumus ini dapat digunakan untuk mengalikan komponen angka dalam array kemudian dijumlahkan keseluruhan hasil perkalian tersebut.

Misal kita memiliki array 1 dikalikan array 2 dan nanti hasilnya akan dijumlahkan yang diperoleh dari rumus SUMPRODUCT. Dengan demikian array dalam SUMPRODUCT harus memilki dimensi yang sama. Jika dalam dimensi tersebut berbeda maka nantinya hasilnya akan error.


Syntax Dasar dan Argumen Fungsi SUMPRODUCT

Dalam rumus ini hanya terdapat 1 argumen yang bersifat wajib dan sisanya bersifat opsional.

Syntax Dasar Fungsi SUMPRODUCT adalah sebagai berikut :


= SUMPRODUCT(array1;[array2];[array3];….)


array1, array pertama yang akan dikalikan serta dijumlahkan isinya

array2;array3;…, array kedua, ketiga dan seterusnya yang akan menjadi sumber perkalian yang bersifat opsional.


Contoh dibawah ini menggunakan Rumus SUMPRODUCT di Excel

Sekali lagi saya katakan bahwa pada rumus fungsi SUMPRODUCT array yang berisi angka harus mempunyai dimensi yang sama.Dimensi yang sama yang dimaksud adalah apabila berisi 8 baris angka maka selanjutnya pun harus berisi 8 baris angka juga tidak boleh lebih.

Untuk contoh rumus SUMPRODUCT perhatikan gambar dibawah ini


Rumus SUMPRODUCT dan Hasilnya



Dalam gambar diatas terlihat 2 array yang dibuat adalah sama  yaitu dari baris ke 3 sampai dengan baris ke 10, berikut adalah rumusnya untuk pada gambar diatas :


=SUMPRODUCT(A3:A10,B3:B10)


Hasil dari rumus tersebut bila menggunakan tabel diatas adalah 201, nilai diperoleh dari 5*1+7*3+8*5+2*6+4*8+9*9+1*4+3*2, jadi perkalian rumus ini barisnya sejajar, yang dijumlakan ke baris selanjutnya.

Demikianlah pembahasan kita tentang Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMPRODUCT di Excel, Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.Amin




Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUMPRODUCT dalam Sebuah Deretan Angka di Excel"