Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUBTOTAL pada Microsoft Excel

RUMUS SUBTOTAL – Rumus ini temasuk kedalam kelompok  Fungsi Matematika.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas sebuah rumus Fungsi Matematika selain dari rumus-rumus sebelumnya. Kini kita akan membahas rumus SUBTOTAL, rumus SUBTOTAL yang kita bahas ini yaitu ada dua bagian  rumus SUBTOTAL itu sendiri dan Fungsi dari menu SUBTOTAL.

Rumus SUBTOTAL adalah rumus yang berfungsi untuk menjumlahkan atau menghitung angka dalam range.Sedangkan yang dimaksud menu SUBTOTAL adalah salah satu Sub Menu dari ribbon Excel dan terdapat dalam bagian Tab Data.dimana kedua bagian tersebut memiliki cara penggunaan yang berbeda.

Jika kita sudah mempelajari rumus-rumus yang sebelumnya kita bahas seprti SUM, MIN, MAX dan lainnya pasti tidak asing dengan rumus SUBTOTAL.

Dalam postingan kali ini saya sedikit ingin menjelaskan tantang Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUBTOTAL pada Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUBTOTAL pada Microsoft Excel

Secara umum sama seperti fungsi lainnya yang sebelumnya kita bahas yaitu SUM, SUMIF dan lain-lain fungsi ini juga berfungsi untuk menjumlahkan angka yang sebelumnya telah dikelompokan berdasarkan kode.

Misal kita akan menjumlahkan data penjualan para Salesman yang nantinya akan dijumlahkan secara Total para Salesman.

Seperti yang telah saya singgung tadi diatas bahwa kita akan membahas tentang rumus  SUBTOTAL dan menu SUBTOTAL . yang pertama kita akan membahas tentang :

Cara Menggunakan Rumus SUBTOTAL dalam Excel

Rumus SUBTOTAL memiliki beberapa rumus didalamnya atau,rumus-rumus tersebut berdasarkan no_fuction yang ada di excel adalah :

  1. AVERAGE, digunakan untuk menghitung nilai angka secara rata-rata
  2. COUNT, berfungi untuk menjumlahkan banyaknya data dari suatu tabel
  3. COUNTA, digunakan untuk menghitung banyaknya data dalam bentuk angka
  4. MAX, berfungsi untuk mencari jumlah atau nilai terbesar
  5. MIN, kebalikan dari fungsi MAX yaitu mencari nilai nilai terkecil atau paling rendah dari suatu data
  6. PRODUCT, yaitu untuk meghitung angka perkalian
  7. STDEV.P
  8. STDEV.S
  9. SUM

Syntax dasar dari rumus SUBTOTAL adalah sebagai berikut :


=SUBTOTAL(fungction_num;ref1…)


Function_num, nomor fungsi sesuai dengan urutan yang ada pada SUBTOTAL.

Ref1…, range dari suatu database yang akan di SUBTOTAL hingga mencapai dengan 254 range data.

Untuk menggunakan rumus ini tinggal masukan nomor rumus kedalam argument function_num (lihat nomor function diatas) dan memasukan range angka kedalam argumen ref1.

Dengan menggabungkan rumus SUM kedalam SUBTOTAL kita bisa menghitung sebuah deret angka yang sebelumnya telah dijumlahkan berdasarkan kelompok tertentu.

Untuk lebih jelasnya cara kerja rumus SUBTOTAL perhatikan gambar dibawah ini :


Rumus SUBTOTAL


Dalam gambar diatas bahwa rumus SUBTOTAL bisa digunakan untuk menghitung total dari nilai yang telah dijumlahkan. Kalau dengan menggunakan rumus SUM pola tersebut tidak bisa dilakukan karena dengn SUM semua angka akan dijumlahkan. Selain itu SUBTOTAL juga bisa menghitung deretan angka yang ada pada data yang di filter.

Contoh Cara Menggunakan Rumus SUBTOTAL

Missal ada data penjualan salesman dan akan menjumlahkan penjualan tersebut per salesman selanjutnya terakhir akan dibuatkan Totalnya. Perhatikan gambar dibawah ini:


Rumus SUBTOTAL dengan SUM


Dalam gambar diatas rumus SUBTOTAL hanya menjumlahkan cell yang juga menggunakan rumus SUBTOTAL. Jika cel D9 menggunakan rumus SUM maka yang dijumlahkan angka dari cel D2 – D7 termasuk nilai total masing masing sales. Dengan menggunakan rumus SUBTOTAL yang dijumlahkan hanya totalnya saja bukan keseluruhan.

Adapaun rumus yang digunakan untuk gambar diatas adalah sebagai berikut :

Total A di cel D4, =SUBTOTAL(9;D2:D3)

Total B di cel D7; =SUBTOTAL(9;D5:D6)

TOTAL di cell D9; =SUBTOTAL(9;D2:D7)

catatan : angka 9 adalah no_function yaitu menjumlahkan dengan SUM

Silahkan anda kembangkan kembali contoh diatas dengan rumus rumus lainnya selain rumus SUM yang telah jadi contoh pada kasus diatas.Insya Allah nanti kita akan bahas kembali rumus SUBTOTAL secara tersendiri agar lebih meudah memahaminya.

Demikinalah pembahasan kita tentang Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUBTOTAL pada Microsoft Excel,semoga artikel ini bermanfat buat kita semua.Amin


Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi Rumus SUBTOTAL pada Microsoft Excel"