Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi OR di Excel

Cara Menggunakan Fungsi OR di Excel – Pada pertemuan kali ini kita masih membahas tentang fungsi Excel yang berkaitan dengan Fungsi Logika. Dalam pembahasan sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa Fungsi Logika ini  berhubungan erat dengan pengujian terhadap kondisi yang bernilai TRUE atau FALSE

Hampir mirip dengan Fungsi AND yang saya telah tulis artikelnya beberapa waktu hari yang lalu, bahwa Fungsi OR ini sering digunakan dengan cara digabungkan dengan fungsi yang lain menjadi sebuah rumus.

Adapun perbedaan antara Fungsi AND dan Fungsi OR adalah terletak pada kondisinya dimana kondisi Fungsi OR memiliki dua kondisi atau lebih hanya memenuhi satu yang bernilai TRUE atau FALSE sedangkan Fungsi AND  dua syarat tersebut harus sama-sama bernilai TRUE atau FALSE.

Didalam artikel ini saya akan menerangkan tentang Cara Menggunakan Fungsi OR di Excel, dimana penjelasan ini mencakup syntax dasar dan penjelasan argument.

Cara Menggunakan Fungsi OR di Excel

Fungsi OR ini hanya memiliki satu argumen dasar yaitu logka1 tapi bisa ditambah hingga 255 kondisi.

Fungsi ini digunakan bila satu kondisi bernilai TRUE atau FALSE.

Syntax Dasar Fungsi OR

=OR(logika1;[logika2]…)

Keteangan rumus :

logika1, merupakan syarat atau kondisi pertama yang akan di uji untuk menghasilkan TRUE atau FALSE

logika2, merupakan kondisi kedua yang akan di uji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE

Contoh Fungsi OR

Untuk lebih memahami lagi tentang syntax dan argument Fungsi OR  ini kita akan terapkan dengan Fungsi IF dalam sebuah tabel seperti dibawah ini :


Fungsi OR

Di dalam tabel atas pada cell E1 yang berisi rumus =IF(OR(C3<60;D3<60);"HER";"LULUS")

artinya C3<60 kalau kita cek pada tabel diatas di sel C3 ternyata kondisiya FALSE alias tidak terpenuhi dan di cell D3 pun kondisinya sama bernilai FALSE maka argumen bertulisakan HER diabaikan alis FALSE. kondisi FALSE : FALSE maka menghasilkan FALSE

sedangkan pada cell C4 bernilai FALSE alias tidak terpenuhi dan di cell D3 mempunyai kondisi nilai TRUE karena kondisinya terpenuhi maka argumen yang bertuliskan HER akan TRUE

Kondisi FALSE : TRUE maka menghasilkan TRUE

Itulah sekilas tentang penjelasan mengenai Fungsi OR di Excel,semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.

Jika artikel ini bermanfaat buat teman-teman kalian silahkan share dan bagikan artikel ini dengan cara menekan tombol share yang ada dibawah ini :


Post a Comment for " Cara Menggunakan Fungsi OR di Excel"